Sampang, (Media Madura) – Aliansi Pemuda di Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar aksi demo di depan kantor Dinas Pemberberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang Jalan Jaksa Agung Suprapto, Rabu (20/12/2017) pagi.

Pantuan mediamadura.com di lokasi, sebelumnya puluhan pemuda itu melakukan longmarch sejauh 1 kilometer sambil membentangkan poster bertuliskan ‘Berantas Pungli, Tangkap dan Hukum Malik, Usut Tuntas Kolusi’.

“Kami ingin menyuarakan aspirasi rakyat terhadap kinerja DPMD terkait penggunaan Dana Desa (DD) karena banyak kelalaian dan itu hanya dibiarkan,” teriak Anwar koordinator aksi di depan kantor DPMD Sampang, Rabu (20/12/2017).

Dalam orasinya, mereka mempersoalkan adanya dugaan pungli penggunaan DD sebesar 7,5 persen di salah satu desa di Kecamatan Tambelangan, realisasi dana yang digulirkan pemerintah tersebut terindikasi tumpang tindih dengan Pokmas.

Aliansi pemuda saat di kantor Dinas Pemberberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, Rabu (20/12/2017). (Ryan Hariyanto/MM).

“Ini hasil temuan kami di lapangan bahwa ada pekerjaan fisik dari Pokmas 2016 ternyata tumpang tindih dengan DD 2017,” ungkap Anwar kepada mediamadura.com

Dirinya menuding persoalan itu masih banyak terjadi di beberapa desa di Kabupaten Sampang. Hal ini tentu dikarenakan kurangnya pengawasan pemerintah daerah dalam penggunaan anggaran.

Untuk itu, dirinya meminta kinerja DPMD harus selektif mengawasi dana desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Sesuai Permendagri nomor 113 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa.

“Pemerintah Kabupaten wajib mengawasi dan membina pelaksanaan keuangan desa, sehingga indikasi praktik kolusi Kepala DPMD dengan Kepala Desa terhentikan,” jelasnya.

Sayangnya, masa aliansi pemuda ini tak bisa menunjukkan lokasi desa yang diduga tumpang tindih serta terindikasi praktik pungli ketika ditanya langsung oleh Kepala DPMD Sampang Malim Amrullah.

Mereka pun bersikukuh akan membukanya saat temuan tersebut diproses di Kejaksaan Tinggi Surabaya.

“Bisa menunjukkan desa mana dan kita akan siap turun langsung bersama-sama, agar ini tidak terjadi fitnah,” pinta Malik di hadapan massa.

Ditegaskan Malik, pihaknya tak mau dilontarkan isu dugaan pungli dan tumpah tindih penggunaan DD. Sebab, dirinya akan siap turun meninjau langsung jika jelas desa manakah yang menjadi permasalahan teraebut.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

1 KOMENTAR

  1. Lanjutkan program Bupati dan Wakil Bupati untuk mengetahui kondisi Jalan dal tangkis Laut di pulau sepudi agar cepat di anggarkan supaya jalan di sepudi tidak bergelombang.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.