Dua Penderita Difteri di Sampang Meninggal Dunia

Sampang, (Media Madura) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang mencatat jumlah penderita Difteri di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mencapai tujuh kasus dengan korban yang meninggal dunia ada dua orang. Jumlah itu selama Januari hingga per tanggal 13 Desember 2017.

“Data di RSUD Sampang itu ada 17 suspect (diduga) Difteri, tapi yang positif Difteri ada tujuh kasus dan ada dua yang meninggal dunia,” ujar Sekretaris Dinkes Sampang Asrul Sani, Rabu (13/12/2017).

Asrul mewakili Kepala Dinkes Firman Pria Abadi, menuturkan penderita Difteri yang meninggal dunia tersebut berusia anak-anak sekitar 4 tahun. Keduanya berasal dari Kecamatan Ketapang dan Kecataman Karang Penang.

Penderita Difteri dinyatakan positif setelah uji laboratorium. Sedangkan, lima orang penderita lainnya berhasil selamat setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Sampang.

“Kalau dua penderita yang meninggal dunia ini terlambat penanganannya, waktu kondisi parah baru dibawa ke puskesmas sehingga tidak tertolong, meski sudah diberikan penanganan medis,” paparnya.

Asrul menyampaikan, pencegahan penyakit Difteri dilakukan melalui Imunisasi DPT pada bayi secara lengkap. Hal itu bisa dilakukan di posyandu terdekat. Sebab, bakteri yang dikenal corynebacterium diphtheriae itu bisa menyerang semua usia, namun yang paling rentan terserang adalah balita.

Gejalanya tampak seperti mengalami penyakit flu biasa yang disertai suhu badan panas (demam). Apabila dibiarkan, maka akan muncul gejala lain. Di tenggorokan dan di rongga mulut terlihat kotor berwarna putih.

“Kalau dibiarkan itu bisa fatal, makanya masyarakat agar segera memeriksakan ke petugas kesehatan, apakah gejala tersebut hanya flu dan batuk pilek biasa atau karena Difteri, terkadang masyarakat tidak mau diimunisasi yang merupakan program rutin pemerintah,” terang Asrul.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Arif

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.