Ilustrasi

Pamekasan, (Media Madura) – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan mengalami cuaca ekstrem, seperti hujan lebat hingga angin puting beliung.

Hal itu diungkapkan, Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penagguoanagn Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, Budi Cahyono. Menurutnya, pemberitahuan itu memuat peringatan dini cuaca ekstrem yang diprediksi mulai Tanggal 26-28 November 2017.

“Pesan kami hanya warga berhati-hati saja, jaga keselamatan mulai dari diri sendiri,” katanya, Senij (27/11/2017).

Dalam surat edaran BMKG, tambah Budi, Pamekasan dilanda cuaca ekstrem karena adanya tekanan rendah di Selatan Jawa mengakibatkan area belokan angin yang menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Selain itu, aliran masa udara basah dari barat menyebabkan kondisi udara di sekitar Jawa Timur menjadi sangat tidak stabil.

“Kedua fenomena tersebut dengan kondisi cuaca lokal mengakibatkan beberapa potensi cuaca ekstrem, tapi bukan hanya di sini tapi juga di sekitar wilayah Jawa Timur lainnya,” tambahnya.

Selain Pamekasan, yang diprediksi berpotensi hujan lebat hingga ekstrem itu meliputi Surabaya, Lamongan, Sidoarjo, Gresik, Batu, Ngawi, Sampang, Bangkalan, Sumenep, Ponorogo, Bojonegoro, Jombang, Lumajang, Magetan, Nganjuk, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Madiun.

Kemudian Kota Madiun, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Jombang, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Trenggalek, Jember, Bondowoso, Pacitan, Tulungagung, Kota Blitar, dan Kabupaten Blitar.

Sedangkan daerah yang diprediksi berpotensi terjadi angin kencang dan puting beliung, di Kota Surabaya, Lamongan, Sidoarjo, Gresik, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Sumenep, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Malang, Mojokerto dan Jombang.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.