Bila Bir Aly Maju Independen, Siapa Wakilnya?

Bangkalan, (Media Madura) – Dari 15 tokoh yang sudah menyatakan siap maju pada Pilkada Bangkalan 2018, tak banyak kandidat yang mencoba jalur independen. Dari belasan tokoh, hanya dua nama yang mencoba jalur non partai politik. Mereka Lora Bir Aly dan KH Imam Buchori. Meski begitu mereka tetap mengupayakan jalur partai.

“Semua jalur kita upayakan, termasuk independen, sebagai antisipasi gak dapat rekom partai,” kata Bir Aly yang kini menjabat Anggota DPRD Bangkalan, beberapa waktu lalu.

Keputusan Bir Aly menyiapkan alternatif lain agar bisa ikut kontestasi pilkada cukup beralasan. Sebab, partainya Nasdem, hanya punya dua kursi di DPRD Bangkalan. Menurut kalkulasi politis, Nasdem bakal sulit mengusung kadernya di Pilkada Bangkalan.

Apalagi, Bir Aly punya pesaing, ada dua kader Nasdem lain yang juga maju sebagai calon bupati yaitu Ketua DPC Nasdem Bangkalan, KH Nasih Aschal dan pengasuh Pondok Pesantren Ibnu Cholil Ring Road, KH Imam Buchori. Nasih merupakan menantu Imam Buchori.

lalu sejauh mana persiapan Bir Aly di jalur independen? menurut aturan KPU Bangkalan, untuk dapat lolos pencalonan jalur independen, minimal menyetor 72 ribu KTP atau 2,5 persen dari total DPT Pilkada sebanyak 1 juta pemilih lebih.

Bir Aly mengatakan timnya sudah berhasil mengumpulkan 100 ribu lebih KTP, jumlah ini lebihdari cukup dari yang dipersyaratkan KPU. jika benar apa yang diklaim Bir Aly, maka kemungkinan besar Bir Aly akan maju lewat jalur independen karena pendaftaran calon independen lebih awal ketimbang calon dari partai politik.

“soal siapa wakil saya, akan diputuskan tanggal 20 November,” ungkap dia.

Penulis : Mukmin Faisal
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.