Wabup Fauzi : ICS akan Tingkatkan Kesejahteran Nelayan Sumenep

Kesederhanaan Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat mendengarkan keluh kesah nelayan. Foto : Badrur Rosy / MM

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan membangun Integrated Cold Stroge (ICS) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. 

Itu dilakukan untuk mengakomodir hasil perikanan baik dari nelayan maupun budi daya masyarakat nelayan. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi pada Senin (06/11/2017). 

Menurutnya, agar potensi ekonomi kelautan dan pemanfaatan hasil sumber daya laut mampu meningkatkan ekonomi nelayan, salah satunya dengan membangun Integrated Cold Storage (ICS), sebagai sarana dan prasarana pendukung produksi kelautan dan perikanan di Kabupaten Sumenep.

“ICS demi mengoptimalkan potensi ekonomi kelautan dan pemanfaatan hasil sumber daya laut agar bisa mendongkrak perekonomian daerah,” ujar Fauzi.

Orang nomor dua di Sumenep itu menyatakan, dengan adanya pengolahan hasil perikanan tangkap atau budi daya yang berada dalam satu rangkaian proses produksi dengan tempat penyimpanannya, bisa menjamin ketersediaan ikan di Kabupaten Sumenep, terutama saat nelayan tidak melaut karena cuaca buruk akibat angin kencang dan ombak maupun pada musim panen ikan laut.

“Nelayan juga diuntungkan terutama proses pembelian ikan dilakukan secara tunai, bahkan dengan adanya ICS itu, nelayan menjual ikan tangkapannya dengan harga yang relatif stabil baik saat musim panen ikan maupun saat cuaca buruk harganya tidak turun, sehingga nelayan tidak merugi,” imbuhnya.

ICS merupakan Unit pengelola Ikan (UPI) yang terintegrasi dengan gudang beku (Cold Storage) demi mengoptimalkan potensi ekonomi kelautan dan pemanfaatan hasil sumber daya laut, agar bisa mendongkrak perekonomian daerah. 

Pembiayaan pembangunan ICS langsung oleh pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pembangunan ICS di Kabupaten Sumenep telah dilaksanakan sejak bulan lalu di Desa Longos Kecamatan Gapura dan target penyelesaian pembangunannya pada akhir tahun.

“Semoga tidak ada kendala dalam pelaksanaan pembangunannya sehingga tahun 2018 sudah bisa beroperasi di Kabupaten Sumenep dan diharapkan masyarakat nelayan bisa memanfaatkan ICS demi meningkatkan kesajahteraannya,” tukasnya. 

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.