Ilustrasi

Sampang, (Media Madura) – Sekretaris Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Mahrus Zamroni memastikan NU Sampang akan bersikap netral di Pilkada Sampang 2018 mendatang. Warga mempersilahkan menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin.

“NU memilih netral tidak akan mengarahkan masyarakat untuk memilih salah satu kandidat atau calon manapun di Pilkada serentak ini,” tegas Mahrus, Sabtu (21/10/2017).

Kata Mahrus, organisasi NU tidak mendukung salah satu kandidat dalam Pilkada Sampang termasuk dukungan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, maupun lainnya. Meskipun, lanjut Mahrus, di Pilgub Jatim ada kader NU yaitu Gus Ipul dan Khofifah, namun tidak bisa dibawa untuk mendukung ke salah satu kandidat.

“Tapi secara individu monggo para santri maupun kader NU apabila ingin berkiprah di bidang manapun termasuk di bidang politik,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan, asal yang harus ditekankan adalah jangan sampai lepas nilai-nilai kepesantrenan yang selama ini sudah dipelajari, seperti kejujuran, sportivitas, amanah dan tabligh.

Sementara itu, Wakil Ketua PCNU Sampang, KH. Nuruddin menambahkan, hakikatnya para santri maupun alumni pondok pesantren masuk ke bidang politik sebatas untuk mempertahankan NKRI. “Hanyalah sebagai perantara untuk kami berbangsa dan bernegara,” tendasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.