Sumenep, (Media Madura) – Kapal barang yang dikabarkan kandas si perairan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akhirnya bisa diidentifikasi dan diketahui identitas serta penyebab kapal mengalami kandas. 

Kapal tersebut memang kapal barang, bernama KM Kamaru. Kapal berangkat dari Pelabublhan Pomala Kolaka, Provinsi Kendari dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bermuatan nekel sebanyak 717.400 ton.

“Menurut para ABK, kapal berangkat pada hari Kamis (7/9/2017) lalu dengan tujuan Tanjung Perak Surabaya,” terang Kabag Humas Polres Sumenep, Senin (11/9/2017).

Kemudian, setelah diidentifikasi, kapal barang tersebut dinakodai oleh Yohanes CH Dhai dan diikuti 11 ABK lainnya, yaitu Ardiyono, La Nana, Zainal Arifin, Dwi Arifianto, Sabaini, Hamudin, Ramli, Jafar, Alfado Ghani, Novi Widodo dan Rusman. 

“Alhamdulillah, kapal tidak ada kerusakan dan semua awak selamat,” jelas Suwardi.

Namun untuk penyebab kandas, yang awalnya diduga mengalami bocor, ternyata bukan. Tetapi karena cuaca buruk, dan saat hendak menepi di perairan Kalosot, Des Brakas, KM Kamaru membentur karang.

“Ternyata penyebabnya bukan bocor, hanya kandas di atas karang. Apabila air laut sudah pasang, kapal akan melanjutkan perjalanannya nanti malam ke pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” tukasnya. 

Reporter : Rosy
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan