Pamekasan, (Media Madura) – Kodim 0826 Pamekasan menyelenggarakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang diikuti oleh Osis SMK Bina Husada sebanyak 63 orang siswa bertempat di Makodim 0826 Pamekasan. Sabtu (26/08/2017) pagi.

Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto dalam kesempatan ini menyampaikan, kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)
yang dilaksanakan hari ini, bertujuan untuk menjalin kekompakan antar siswa agar dalam kegiatan sehari-hari siswa dapat mengaplikasikan dilapangan, dengan tidak meninggalkan faktor komunikasi, dedikasi dan rasa tanggung jawab.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka pembinaan sumber daya manusia terhadap generasi muda untuk membentuk generasi yang berkarakter, berdedikasi tinggi, disiplin dan cinta tanah air guna terciptanya kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara,” katanya.

Kegiatan ini merupakan wadah penyaluran minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan kemampuan, pengetahuan, ketrampilan dalam berbagai bidang kejuruan, ilmu pengetahuan dan tehnologi serta pembangunan inovasi untuk melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif sehingga menjadi bekal bagi kehidupan dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan ketahanan nasional. Ini sesuai dengan tugas TNI dalam rangka menyiapkan system pertahanan rakyat semesta.

Kegiatan di lapangan dipandu oleh Pasi Ops Kodim 0826 Pamekasan Kapten Inf Yainaroh dengan pelatih Serka Murakib selaku Bintara Tinggi Operasi yang sudah mendapat pembekalan materi outbond.

Permainan yang disuguhkan meliputi PBB, Panjat tebing, Water Estafet, Tongkat estafet dan Bola Tali dan ditambah materi Wawasan Kebangsaan dan Dasar Kepemimpinan. Diharapkan dengan permainan yang disuguhkan tidak hanya semata bermain, akan tetapi terkandung maksud, agar si pelaku dalam kegiatan sehari-hari dan dalam berorganisasi harus mempunyai rasa tanggung jawab, berat sama dipikul ringan sama dijinjing.

“Hal ini tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya kerjasama, koordinasi dan komunikasi yang baik,” paparnya.

Sasaran dari kegiatan ini adalah terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki kepribadian Pancasila, tumbuh kembangnya generasi muda sebagai warga Negara Indonesia yang berkarakter, terbentuknya fisik dan mental serta kepribadian yang tangguh dikalangan generasi muda menghadapi berbagai pengaruh yang negatif, terwujudnya generasi yang mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat serta terwujudnya generasi muda yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran Bela Negara.

Rilis

Tinggalkan Balasan