Demokrat Sampang Buka Pendaftaran, Ini Syaratnya

Sampang, 17/8 (Media Madura) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Sampang Abdussalam mengungkapkan akan membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sampang 2018.

“Pendaftaran dibuka secara umum mulai Senin 21 Agustus 2017 hingga 31 Agustus 2017 mendatang di kantor Sekretariat DPC Partai Demokrat Jalan Jaksa Agung Suprapto Sampang,” ucap Abdussalam, Kamis (17/8/2017).

Politisi asal Kecamatan Banyuates itu mengatakan, pengambilan formulir pendaftaran tidak sama dengan partai politik lain yang telah membuka pintu pendaftaran. Bagi kandidat yang mendaftar kepada Partai Demokrat, nantinya wajib datang mendaftarkan sendiri tanpa diwakilkan.

Tak hanya itu, partai yang dinahkodai mantan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu tidak memberlakukan pengembalian berkas formulir pendaftaran. Kandidat bakal calon langsung melengkapi berkas yang telah ditetapkan. Lebih penting lagi, pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Sampang tidak dipungut biaya.

“Syaratnya memang itu, tapi bisa diwakilkan dengan surat kuasa yang ditandatangani yang bersangkutan di atas materai Rp 6.000, serta tidak ada kata pengembalian langsung harus dilengkapi saat mendaftar,” ungkap Abdussalam sekaligus Wakil Ketua DPRD Sampang.

Selanjutnya, bagi nama kandidat yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, maka akan dilakukan survei integritas terhadap masing-masing bakal calon. Tim survei itu akan dilakukan dari lembaga survei nasional yang ditentukan Partai Demokrat.

“Karena kita (Demokrat-red) merekom nama kandidat bakal calon hasil survei bukan dari hasil mahal,” tegasnya.

Dia menambahkan, setelah verifikasi berkas pendaftar akan menjadi bahan rapat pleno DPD Partai Demokrat Jatim untuk dilaporkan ke DPP sesuai ketentuan internal partai.

Selain itu, sampai saat ini sebelum pembukaan pendaftaran bakal calon sebagian kandidat sudah menjalin komunikasi politik secara intern dengan Partai Demokrat.

Secara gamblang, Abdussalam menyebut, mereka diantaranya dari tiga kader Demokrat Sampang yaitu Mohammad Asyari, Aulia Rahman, Moh Hodai, dan Mohammad Subhan (Ketua DPC PPP Sampang).

Sekedar diketahui, jadwal pembukaan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati DPC Partai Demokrat Sampang direncakan pada Selasa 15 Agustus 2017 kemarin.

Namun, dikarenakan Surat Keputusan (SK) tentang pendaftaran bakal calon Pilkada Sampang 2018 baru turun dari DPD Jatim, dan persiapan waktu di DPC Sampang belum sepenuhnya rampung. Sehingga ditetapkan pendaftaran dibuka pada Senin 21 Agustus mendatang.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan