Pamekasan, 28/6 (Media Madura) – Dibanding pemerintah kabupaten, desa lebih serius dalam mengelola objek wisata. Wisata Bukit Brukoh buktinya.

Objek wisata ini terletak di Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Dikelola dengan baik oleh pemerintah Desa Bajang, sehingga menjadi milik desa. Sekarang destinasi wisata ini jadi jujukan wisatawan.

Bukit Brukoh bukan satu-satunya objek wisata di bumi Gerbang Salam-julukan-Kabupaten Pamekasan.

Pantai Jumiang di Kecamatan Pademawu, pantai Talang Siring di Kecamatan Larangan, dan wisata Api Tak Kunjung Padam di Kecamatan Tlanakan merupakan sederet destinasi wisata di Pamekasan dan dikenal publik luas.

Di antara tiga objek wisata ini dikelola Pemkab Pamekasan, salah satunya pantai Talang Siring. Miliaran rupiah sudah digelontorkan untuk pengelolaan pantai, namun realisasinya di lapangan jauh dari harapan. Banyak fasilitas penunjang objek wisata ini dikeluhkan pengunjung.

Dari segi pengunjung, objek wisata yang terletak di Desa Montok itu pun bisa dihitung dengan jari. Alih-alih untuk mendongkrak minat pengunjung, Pemkab Pamekasan mambangun wahana tambahan, yakni taman air mancur. Pembangunan taman air mancur menelan anggaran hingga Rp 800 juta lebih di tahun 2016 lalu.

Tak pelak, keberadaan pantai Talang Siring kerap mendapat sorotan, baik dari aktivis hingga anggota DPRD setempat.

Kondisi ini, sangat jauh dibanding dengan keberadaan wisata Bukit Brukoh. Komitmen pemerintahan Desa Bajang untuk menjadikan Bukit Brukoh wisata unggulan tak perlu diragukan lagi.

Bukit Brukoh dulunya dipenuhi semak-semak dan tak terawat, namun kini menjelma menjadi perbukitan yang dipenuhi dengan spot-spot menarik, karena dikembangkan dengan baik.

Keindahan alam jadi andalan utama Bukit Brukoh. Semakin indah dengan bentangan persawahan, terlihat hijau sejauh mata memandang. Beberapa wahana juga menjadi daya tarik wisatawan berkunjung. Di antaranya, batu besar berbentuk “Love”, serta nama Bukit Brukoh yang sengaja didesain mewah, agar menjadi spot berselfie para pengunjung.

Rencananya, pemerintah Desa Bajang masih akan menambah fasilitas atau wahana Bukit Brukoh, guna mendongkrak minat pengunjung. Membangun sejumlah rumah pohon dan wisata kuliner menjadi rencana selanjutnya pihak desa.

“Kami terus berusaha maksimal untuk memberikan yang terbaik untuk pengunjung wisata ini, dengan menambah beberapa lagi wahana-wahana, seperti rumah pohon. Dan, Wisata kuliner rencananya akan dibangun di bawah sebelum pintu masuk Bukit Brukoh,” kata Kepala Desa Bajang, Moh Mokri kepada mediamadura.com.

Objek wisata di Pamekasan, tidak hanya dikelola pemerintah dan desa. Terdapat pula objek wisata yang dikelola secara pribadi. Seperti wisata Selamat Pagi Madura (SPM). Objek wisata ini berlokasi di Larangan Daya, Kecamatan Pademawu. Yang terkenal di SPM ini adalah “Bukit Cinta”.

Reporter: Zainol
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan