Sampang, 12/6 (Media Madura) – Kepolisian Resort Sampang, Madura, Jawa Timur, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peredaran uang palsu. Terlebih jelang hari raya Idul Fitri, mengingat saat itu permintaan terhadap uang meningkat dan banyak kegiatan penukaran uang.

“Kecenderungan uang palsu tersebar saat Idul Fitri karena tingginya transaksi keuangan yang terjadi, makanya kewaspadaan masyarakat harus ditingkatkan,” kata Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar, Senin (12/6/2017).

Tofik mengatakan, besarnya transaksi keuangan dimanfaatkan sebagai celah untuk mengedarkan upal oleh para pelaku seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat menjelang hari raya.

Apalagi, lanjut Tofik, dengan kondisi tersebut semakin rawan lantaran adanya pecahan uang baru yang diluncurkan Bank Indonesia. Belum tersebarnya secara merata pecahan uang baru membuat belum banyak masyarakat yang mengenalinya secara cermat.

“Orang awam pun masih sulit membedakan mana yang asli dan palsu, masyarakat juga jangan mudah percaya menukarkan uang di pinggiran jalan yang legalitasnya belum tentu terjamin,” jelasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan