Sumenep, 6/6 (Media Madura) – Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Wiraraja (Unija) Kabupaten Sumenep membuat sambutan khusus kedatangan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

Mentan datang ke Sumenep dalam agenda kunjungan kerja dalam rangka peningkatan lahan tambah tanam padi, jagung, kedelai dan launching kartu tani. 

Sementara mahasiswa tidak menyia-nyiakan kedatangan Mentan tersebut untuk menyampaikan aspirasi dengan cara menggelar aksi demontrasi.

Masalah penyempitan lahan pertanian menjadi inti dari aspirasi mereka, bahwa Kabupaten Sumenep sudah mengalami krisis agraria akibat banyaknya tanah yang dikuasai investor asing. 

“Ini masalah serius, kami harus sampaikan, karena bapak Menteri Pertanian wajib tahu, bahwa tanah-tanah subur disini sudah banyak dijual,” kata koordinator aksi, Agus Wahyudi, Selasa (6/6/2017).

Dia menyebut, tidak kurang dari 500 hektar tanah produktif beralih fungsi menjadi perumahan, pertokoan dan bangunan-bangunan lain. 

Katanya, peralihan lahan secara massif terjadi di banyak Kecamatan, seperti Kecamatan Talango, Gapura, Dungkek, Batang-Batang, Manding, Dasuk, Lenteng, Bluto, Kalianget, Ambunten, Pasongsongan dan Kecamatan Kota. 

“Dengan begini, mustahil kesejahteraan sosial akan terwujud jika masalah ini dibiarkan, bahkan ketahanan pangan yang diinginkan pak Presiden juga tidak mungkin terjadi,” ungkapnya. 

Oleh sebab itu, mahasiswa meminta, masalah krisis agraria di Sumenep menjadi perhatian Menteri Pertanian, karena jika penyempitan lahan terus berlanjut, bukan tidak mungkin suatu saat lahan subur akan musnah. 

“Kondisi ini patut jadi keprihatinan kami, dan mestinya juga menjadi keprihatinan bersama, karna ini menyangkut keberlangsungan hidup petani,” tandasnya. 

Aksi yang digelar di persimpangan depan rumah Dinas Wakil Bupati itu tidak berlangsung lama, usai berorasi secara bergantian, mahasiswa membubarkan diri dengan tertib walau tanpa pengawalan pihak Kepolisian. 

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan