Pamekasan, 22/4 (Media Madura) – Dana Desa (DD) sebesar Rp 92,1 miliar milik Pemerintahan Desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur belum tersalurkan.

Kepala Badan keuangan Daerah (BKD) Pamekasan, Taufikurrahman mengatakan, DD untuk tahap pertama sudah cair dari pemerintah pusat. Kini, dana tersebut tersimpan di Kas Daerah (Kasda), namun masih belum tersalurkan karena belum ada desa yang mengajukan pencairan.

“DD sudah cair berapa hari lalu sebesar Rp 92.1 miliar. Jumlah tersebut sebesar 60 persen, sebab masih pencairan tahap pertama,” katanya, Sabtu (22/4/2017).

Ditambahkan oleh Taufik, pada tahun ini pencairan dua kali, pertama 60 persen, kedua 40 persen. Sehingga, bagi desa yang masih belum melakukan proses pemberkasan sebagai syarat pengajuan pencairan, agar segera melakukan permohonan.

“Sebab desa baru tahu jika DD sudah ada di Kasda. Untuk itu, kami berhapap bagi desa yang sudah lengkap persyaratannya segera mengajukan, agar cepat tersalurkan,” tambahnya.

Dengan semakin cepatnya tersalurnya uang bantuan Pemerintah Pusat itu ke desa, maka masyarakat semakin cepat pula menikmati manfaatnya.

“Makanya, bila ada desa yang mengajukan, maka kecamatan tidak perlu menunggu rampung dari desa lainnya untuk mengajukan ke Pemkab, biar cepat terlaksana,” tutup Taufik

Reporter: Rifqi
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan