Pamekasan, 19/4 (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengakui destinasi wisata yang ada masih lemah pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud) Pamekasan, Akhmad Sjaifuddin mengatakan, saat ini sejumlah destinasi wisata di Kabupaten berslogan Gerbang Salam itu belum menarik minat wisatawan, khususnya para turis dari luar daerah Madura.

“Berdasarkan data yang tercatat sangat sedikit sekali pengunjung wisata yang berasal dari luar Pamekasan. Sebagian besar pengunjung wisata justru berasal dari Pamekasan sendiri,” katanya, Rabu (19/4/2017).

Mantan kepala Dinas Pengerjaan Umum (PU) Pengairan itu menambahkan, data tersebut belum rampung direkap 100 persen dan saat ini tengah dalam proses validasi data kunjungan, khususnya data pengunjung wisata selama awal 2017. Sekaligus pendapatan dari kunjungan para wisatawan dimaksud.

“Sekarang masih direkap. Nanti kita sampaikan kalau sudah selesai, tapi sejauh ini pengunjung wisata kita hanya dari Pamekasan saja, ada sedikit dari Sumenep dan sekitarnya,” tambah Akhmad sapaan akrabnya Achmad Sjaifuddin.

Dari berbagai jenis destinasi wisata di Pamekasan, tercatat hanya dua lokasi wisata yang memiliki daya tarik bagi pengunjung. Masing-masing Pantai Jumiang di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, dan Pantai Talang Siring di Kecamatan Larangan.

Adapun destinasi wisata lainny juga dikunjungi wisatawan, tapi jumlahnya jauh lebih sedikit di bandingkan jumlah pengunjung di Jumiang dan Talang Siring, namun sekalipun sedikit, jumlah tersebut jauh lebih tinggi dari jumlah pengunjung di tahun sebelumnya.

“Kalau dari segi kunjungan meningkat dibandingkan tahun kemarin, tapi jumlah pastinya untuk membandingkannya masih direkap,” pungkasnya.

Reporter: Rifqi
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan