Sampang, 6/4 (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang mulai mencanangkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) bernama Trunojoyo sebagai media sosialisasi dan edukasi bagi seluruh masyarakat.

Komisioner KPU Sampang Addy Imansyah, mengatakan RPP merupakan program KPU Pusat bertujuan salah satu cara meningkatkan partisipasi warga terutama bagi pemilih pemula dengan membuka ruang publik. Sebab, di wilayahnya itu tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu berada di angka 85 persen.

“Keberadaan RPP itu selain memberi informasi tentang Pemilu juga diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih dalam hal kepemiluan. Sehingga masyarakat harus pintar bagaimana menggunakan hak pilih dengan baik. Semua akan difasilitasi di sini,” ujar Addy ditemui di kantor KPU Sampang, Kamis (6/4/2017).

Addy menuturkan, pembukaan RPP Trunojoyo KPU Sampang nanti akan di-launching pada pekan depan tepat tanggal 13 April mendatang. Untuk menambahkan ketertarikan pengunjung, para seniman dinobatkan mengaplikasikan suatu lukisan. Dengan demikian, ada inovasi dan kreatifitas agar masyarakat tertarik datang ke RPP.

“Letak RPP sendiri berada dibelakang halaman KPU karena memanfaatkan ruang lahan kosong,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, untuk memenuhi standar rumah pintar, beberapa item harus disediakan. Yakni, ketersedian ruang audio visual, simulasi, display dan forum grup diskusi.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan