Sumenep, 23/3 (Media Madura) – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akhirnya merilis kuota haji Sumenep untuk tahun 2017 ini. 

Sesuai prediksi, kuota haji mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, hal itu menyusul adanya penambahan kuota secara Nasional oleh Pemerintah Arab Saudi dari 80% menjadi 100% kembali. 

“Sesuai dengan surat yang sudah kami terima dari Kanwil Kemenag Jatim, kuota haji Sumenep tahun ini sebanyak 514 orang,” kata Kasi Haji dan Umroh Kemenag Sumenep, M Rifa’i Hasyim, Kamis (23/3/2017).

Kata Hasyim, jatah haji untuk Kabupaten Sumenep tahun ini awalnya hanya 386, tetapi setelah ada penambahan dua kali, kuota bertambah menjadi 514.

“Penambahan pertama sebanyak 108 orang, lalu dapat penambahan lagi 20 orang, jadi totalnya 514 untuk kuota tahun ini,” jelasnya. 

Mantan Kasi Pendma ini menjelaskan, berdasarkan data Kemenag, dari calon jemaah yang sudah masuk porsi, diketahui kurang lebih 68 orang ternyata sudah memiliki paspor dan masih hidup.

Sedangkan sisanya, lanjut Hasyim, sebagian sudah ada yang selesai dibuat, yakni semua calon jemaah yang berasal dari Kecamatan Daratan dan sebagian dari Kepualauan, yaitu Masalembu, Gili Genting serta Talango.

“Nah, yang belum itu tinggal dari Kecamatan/ Kepulauan Gayam, Raas Arjasa, dan Sapeken. Untuk yang belum ini kantor Imigrasi di Pamekasan sudah menjadwalkan tanggal 27 Maret ini,” tukasnya. 

Reporter: Rosy
Editor Ahmadi

Tinggalkan Balasan