Pamekasan, 19/3 (Media Madura) – Jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Kodim 0826 Pamekasan akan menggelar bakti sosial berupa Operasi Katarak Gratis untuk masyarakat Madura.

Kegiatan screening katarak itu akan digelar dengan kerja sama antara yayasan baitul Al-Hairiyah Bandung dan Duta Besar Negara Kuwait bekerjasama dengan RSAL Dr. Ramelan Surabaya.

Bhakti Sosial Operasi Katarak yang akan dilaksanakan pada tanggal 25-28 April 2017 di RSAL Dr. Ramelan Surabaya, pada Sabtu (18/03/2017) kemarin telah dilakukan Screening Operasi Katarak di Aula Makodim 0826 Pamekasan bekerjasama antara Kodim 082 Pamekasan dengan FKUB Kabupaten Pamekasan.

Hadir dalam acara screening operasi katarak diantaranya Dandim 0826 Pamekasan yg diwakili oleh Pasiter Kapten Arh Ariman Aditiawarman SH, Tim medis dari RSAL Dr. Ramelan Surabaya pimpinan dr Empi dan dr Rini, Bapak Mudakkir Sekretaris FKUB Pamekasan dan Peserta Screening Operasi Katarak sebanyak 330 orang dari 3 Kabupaten yakni Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Kegiatan Screening Katarak yang dilaksanakan sekira pukul 08.00 WIB diawali dengan pendaftaran para peserta pasein operasi katarak di halaman depan Aula Kodim, pasien operasi katarak dengan melampirkan beberapa persyaratan diantaranya Foto copy KTP 1, Foto copy KK dan Foto copy SKTP / Surat Keterangan Tidak Mampu ditanda tangani oleh Kepala Desa setempat.

Pelaksanaan Screening Katarak di Pimpin oleh dr. Empi dari RSAL Dr. Ramelan Surabaya beserta beserta 4 orang tim dokter lainya. Satu persatu pasein dicek secara bergiliran oleh tim dokter untuk menentukan pasein positif atau negatif terkena Katarak. Pasien yang dinyatakan positif katarak maka diberi tanda serta dilakukan pendataan secara lengkap Biodata Pasien, bila pasein yang sesudah dicek ternyata bukan katarak maka dipersilahkan untuk kembali pulang.

Setelah dilakukan pemisahan terhadap pasein antara yang positif dan negatif katarak, langkah selanjutnya dilakukan pengecekan darah dengan maksud agar diketahui jenis darah dan penyakit apa yang diderita oleh pasen.

Pasien Positif Katarak selanjutnya dilakukan pengecekan mata kembali oleh Tim medis dengan menggunakan alat deteksi / komputer agar diketahui berat dan ringannya jenis katarak yang diderita pasien.

Pasien yang telah melalui Screening diberikan surat keterangan untuk melanjutkan operasi ke RSAL Dr. Ramelan Surabaya sesuai dengan tanggal dan waktu yang sudah ditentukan

Dari jumlah calon pasien yang telah mendaftar dalam kegiatan Bhakti Sosial operasi katarak sejumlah 330 orang, 216 orang calon pasien katarak yang dinyatakan positif katarak, namun hanya 138 orang yang dapat melakukan Operasi Katarak di RSAL Dr. Ramelan Surabaya.

Bagi masyarakat yang akan mendaftarkan diri dalam Screening Katarak, kegiatan Sreening tahap kedua akan digelar pada tanggal 25 Maret mendatang dengan tempat dan dokter yang sama.

“Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian, apabila ada seseorang yang minta dana kepada Bapak dan Ibu dalam pelaksanaan operasi katarak nanti, laporkan ke kami di Kodim. Karena pelaksanaan operasi ini sama sekali tidak dipungut biaya,” tegas Pasiter Kapten Arh Ariman Aditiawarman.

Penulis : Ist
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan