Sampang, 18/3 (Media Madura) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, melakukan pendataan terhadap rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung yang melanda tiga Kelurahan Kota Sampang, Sabtu (18/3/2017) pukul 19.00 WIB.

“Hingga kini, jumlah rumah warga yang rusak akibat puting beliung totalnya mencapai puluhan yang menerjang di tiga kelurahan dengan kategori rusak ringan, sedang, dan berat,” kata Kepala BPBD Sampang Wisnu Hartono, Sabtu pukul 23.00 WIB.

Puluhan rumah warga itu melanda di tiga Kelurahan yakni Rongtengah, Banyuanyar, dan Polagan. Total rumah mencapai 43 bangunan rumah warga. Rinciannya, rumah rusak berat 7 bangunan, rusak sedang dan ringan 36 bangunan. Sedangkan, 27 pohon tumbang.

“Untuk korban luka masih dua orang, dan korban jiwa yang meninggal nihil,” terang Wisnu.

Sementara itu, Tim TRC BPBD Sampang bersama TNI dan Polri melakukan gotong royong untuk memperbaiki rumah warga korban bencana angin puting beliung di Kota Sampang tersebut. Karena sebagian rumah warga yang rusak ringan dapat diperbaiki secepatnya. Serta melakukan penebangan pohon tumbang terutama yang menghalangi fasilitas jalan umum.

“Sampai saat ini kami masih melakukan pembersihan puing-puing bangunan rumah warga,” jelasnya.

Wisnu mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi angin puting beliung yang masih bisa terjadi selama beberapa hari ke depan, sehingga masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap hujan deras yang disertai dengan angin kencang.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan