Sumenep, 24/2 (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) bakal menerapkan absensi online di semua SKPD setempat.

Karena sebelum itu, absensi online memang hanya diterapkan di beberapa instansi saja sebagai bahan percobaan. Tetapi kali ini BKP-SDM bakal menerapkan ke semua instansi.

“Jadi sebanyak 66 SKPD termasuk Kecamatan, baik daratan maupun Kepualauan tahun ini kita terapkan absensi online,” kata Kepala BKP-SDM Sumenep, Titik Suryati, Jum’at (24/2/2017).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan pengadaan alatnya untuk selanjutnya tim teknis akan melakukan perekaman terhadap pegawai di instansi-intansi yang akan jadi sasaran penerapan.

“(Saat ini) masih proses pengadaan, anggarannya ada di kami (BKP-SDM) senilai Rp 504 juta untuk pengadaan 72 alat, realisasinya melalui e-Katalog,” terangnya.

Dengan penerapan absensi online tersebut, dia berharap masalah kedisiplinan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Sumenep kedepannya akan diketahui secara akurat.

“Bahwa untuk memastikan semua berjalan baik, kami akan melakukan pemantauan langsung, ada lima tim yang akan melakukan perekaman sidik jari,” terangnya.

Selain sidik jari, lanjut Titik, timnya juga akan melakukan perekaman iris mata. Hal itu guna meningkatkan validitas absensi, “Mudah-mudahan pertengahan tahun ini program ini sudah terealisasi, ” pungkasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan