Sampang, 16/2 (Media Madura) – Kepolisian Resor Sampang, Madura, Jawa Timur, mulai memantau persiapan pemilihan kepala desa yang akan dilaksanakan serentak di 31 desa pada 16 Mei 2017 nanti.

“Diwilayah hukum Polres Sampang ada 31 Desa akan menggelar pilkades serentak. Kami siap mengamankan agar pelaksanaannya lancar, aman dan kondusif,” terang Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar, Kamis (16/2/2017).

Selain memantau persiapan pilkades serentak, pihaknya mengidentifikasi dan memetakan potensi kerawanan yang mungkin muncul sehingga diharapkan bisa dicegah dan diantisipasi sejak dini.

“Ada tiga kriteria pemeteaan tingkat kerawanan yakni aman, rawan, dan sangat rawan,” ujarnya.

Tofik menuturkan sudah melakukan langkah-langkah koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa terkait tahapan pemilihan kades. Pendekatan juga dilakukan kepada aparatur desa agar sama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Himbauan juga kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan agar potensi konflik dapat dihindari. Sehingga pelaksanaan pilkades itu salah satu bentuk upaya untuk mewujudkan pembangunan di tingkat desa,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan