Pamekasan, 2/2 (Media Madura) – Sebanyak 125 ribu bibit ikan berbagai jenis, dilepas oleh Bupati Pamekasan Achmad Syafii di Embung Samiran, Kecamatan Proppo.

Bupati yang didampingi oleh Kapolres Pamekasan AKBP Nowo Hadi Nogroho beserta sejumlah pimpinan SKPD, menaiki perahu dan melepas ribuan ikan di waduk dengan luas 1,2 hektar itu.

Ditemui di sela-sela kegiatan tersebut, orang nomor satu di lingkungan Pemkab Pamekasan menuturkan, pelepasan ribuan ikan tersebut guna mempersiapkan waduk untuk difungsikan sebagai kolam pancing.

“Selain itu juga dimungkinkan juga digunakan sebagai wisata air,” katanya kepada wartawan usai peresmian waduk itu.

Tetapi, kata Syafii, fungsi utama dari waduk tersebut untuk menjadi cadangan air baku dengan memanfaatkan air limpasan pada musim kemarau.

Waduk tersebut nantinya akan mencukupi kebutuhan air bersih untuk empat Kecamatan, yakni Proppo, kota Pamekasan, Tlanakan dan Pademawu.

Bahkan, kata dia, pihaknya masih akan membangun dan menyediakan lahan sebanyak 4 hektar untuk mengembangkan kawasan tersebut, yang di dalamnya juga akan dibangun lokasi wisata dan ruang terbuka hijau.

Reporter: Arif
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan