Pamekasan, 15/1 (Media Madura) – Area kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (car free day) di Kabupaten Pemekasan, Madura, Jawa Timur menjadi tempat donor darah yang digelar oleh Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, Minggu (15/1/2016).

Kepala UTD PMI Pamekasan, Achmad Syafirullah mengatakan, kegiatan donor darah yang dilakukan di area car free day di monumen Arek Lancor kepada masyarakat adalah yang pertama di tahun 2017.

Nantinya, kata dia, donor darah akan dilakukan rutin setiap bulan. Khususnya di minggu pertama, ketiga, dan kelima. “Kita rencanakan digelar setiap bulan di minggu ganjil,” ucapnya kepada media di Pamekasan.

Achmad Syafirullah menjelaskan, UTD PMI untuk sementara sudah mengumpulkan sebanyak 21 kantong darah. Perolehan itu belum ditotal dengan jumlah posko yang didirikan di sejumlah titik di area car free day.

“Kemungkinan masih akan bertambah. Sebab kita masih buka tempat di sisi utara Arek Lancor,” imbuhnya.

21 kantong darah itu, didapat dari masyarakat yang kepeduliannya terhadap sesama tinggi. Menurutnya, antusiasme warga Pamekasan yang mau berbagi demi kemanusiaan patut diajungi jempol.

“Alhamdulillah tadi banyak masyarakat yang melakukan donor. Mereka sangat antusias,” ungkapnya.

Seperti diketahui, hingga kini PMI Pamekasan masih kekurangan sebanyak 1000 kantong darah setiap bulannya. Untuk itu, dia berharap melalui kegiatan donor darah di area car free day bisa bisa meningkatkan stok darah di PMI Pamekasan.

Reporter: Zainol
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan