Sambangi Korban Angin Puting Beliung di Kecamatan Pademawu, Bupati Pamekasan: Yang Sabar

PEDULI: Bupati Pamekasan memberikan sejumlah paket bantuan kepada puluhan korban angin puting beliung di Kecamatan Pademawu, Senin (29/11/2021). (Foto: Instagram @rabaddruttamam)
Advertisement

Pamekasan, (Media Madura) – Hujan deras disertai angin kencang menerjang rumah warga di Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (28/11/2021) kemarin.

Akibatnya, belasan rumah di wilayah itu mengalami kerusakan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun akibat peristiwa itu belasan warga mengalami kerugian hingga puluhan juta.

Informasi yang dihimpun di lapangan, angin puting beliung menerjang 3 Desa di Kecamatan Pademawu meliputi Desa Pademawu, Desa Majungan, dan Desa Padelegan. Rumah yang dilaporkan rusak sebanyak 19 unit.

Rinciannya, 8 rumah di Desa Pademawu, Desa Majungan 4 rumah, dan 7 rumah rusak lainnya di Desa Padelegan.

Setelah mendapatkan informasi ada warganya sedang tertimpa musibah bencana alam, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam langsung menyambangi lokasi bencana, Senin (29/11/2021) sore.

Bupati yang diakrab disapa Mas Tamam itu turun ke lokasi bencana didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Moch. Tarsun, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Amin Jabir, forum koordinasi pimpinan kecamatan, dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Kedatangan Bupati bersama rombongan ini guna melihat langsung kondisi fisik bangunan yang rusak akibat diterjang angin kencang tersebut, sekaligus memberikan bantuan kepada puluhan korban yang rumahnya rusak.

Adapun paket bantuan yang diserahkan kepada korban diantaranya selimut, tikar, sembako dan sejumlah bantuan lainnya. Selain itu, korban juga akan mendapatkan bantuan perbaikan rumah dari pemerintah daerah.

Selain paket bantuan, Mas Tamam juga memberi dukungan moril kepada seluruh korban. Mas Tamam berpesan kepada warga agar bersabar dalam menghadapi cobaan ini.

“Yang sabar ya, kalau sabar insyaallah derajatnya akan diangkat oleh Allah,” kata Mas Tamam kepada korban saat di lokasi.

Pihaknya meminta kepada OPD terkait untuk segera melakukan telaah staf agar bantuan terlaksana dengan cepat sesuai harapan korban. Kemudian, kepala desa berkoordinasi dengan camat untuk dilanjutkan kepada pemerintah kabupaten perihal usulan yang dibutuhkan.

“Besok sudah harus jadi telaah stafnya, besok juga akan saya tandatangani untuk segera mendapatkan bantuan perbaikan rumah sesuai dengan tingkat kerusakannya masing-masing,” tandasnya.

Menurunya, cara cepat memberikan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah tersebut merupakan ikhtiar pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Harapannya musibah ini tidak terjadi lagi di Pamekasan, kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Allah Swt,” tutup mantan anggota DPRD Jawa Timur dua periode tersebut. (Zainol/Arif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here