Legislator Pamekasan ini Minta Pemkab Jamin Ketersediaan Sembako selama Ramadan

Pamekasan, (Media Madura) – Anggota DPRD Pamekasan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Maskur Rasyid meminta Pemkab setempat menjamin ketersediaan kebutuhan bahan pokok menjelang bulan suci Ramadan 1441 Hijriah di tengah pandemi covid-19 ini.

“Selain ketersediaan kebutuhan bahan pokok, yang juga tidak kalah pentingnya adalah harga kebutuhan bahan pokok yang murah dan terjangkau,” kata Hamas, sapaan karib H. Maskur Rasyid ditemui di sela-sela acara aksi sosial bagi-bagi masker yang digelar DPC PPP di area Monumen Arek Lancor, Pamekasan, Selasa. (22/04/2020) pagi.

Dikatakan, pandemi covid-19 yang terjadi selama ini telah menyebabkan daya beli masyarakat berkurang dan pada akhirnya menyebabkan perekonomian memburuk.

“Warga miskin dan kurang mampu yang tidak mempunyai penghasilan tetap, seperti tukang becak, pekerja transportasi daring dan sopir angkutan umum, sangat merasakan dampak COVID-19 ini,” sambung legislator yang sudah dua periode menjabat ini.

Apalagi, kata mantan aktivis mahasiswa ini, sebentar lagi umat Islam akan menunaikan ibadah puasa Ramadan, di mana tingkat konsumsi untuk mempersiapkan ibadah wajib itu cenderung meningkat.

“Maka dari itu, ketersediaan kebutuhan bahan pokok benar-benar harus dikawal oleh Pemkab Pamekasan, termasuk berupaya untuk mengendalikan harga,” pintanya.

Hanas yang merupakan mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, pemerintah sebenarnya telah mengumumkan untuk memberikan bantuan sosial kepada warga miskin dan kurang mampu terdampak covid-19 melalui bantuan langsung tunai (BLT).

Program yang pernah direalisasikan pemerintah sepuluh tahun lalu ini, sebagai upaya untuk menekan efek sosial dan menekan angka kemiskinan di masyarakat, dinilai tepat.

“Tetapi program baik ini juga harus diikuti dengan upaya yang terukur juga, yakni melalui pendataan yang akurat bagi calon penerima bantuan,” katanya.

Oleh karenanya, ia meminta agar pendataan calon penerima bantuan akurat, sehingga program baik pemerintah pusat pada warga miskin dan kurang mampu terdampak COVID-19 benar-benar tepat sasaran.

Pria yang juga penasihat Komunitas Kopi Pak Saleh ini lebih lanjut menyatakan, jika keduanya bisa dilakukan sekaligus, yakni bantuan tepat sasaran dan harga sembako selama Ramadan hingga Idul Fitri tetap terkendali, maka masyarakat tidak akan merasa kesulitan dan tidak akan terlalu merasakan dampak COVID-19.

Reporter : Ist
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.