Goes to Kota Batu, AJS Peduli Kepariwisataan

Anggota Aliansi Jurnalis Sampang bersama Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu Imam Suyono usai diskusi tentang pengelolaan pariwisata, Jumat (13/12/2019) sore. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kota Batu, Malang Jawa Timur, menjadi pusat percontohan bagi daerah lain dalam pengembangan pengelolaan pariwisata berkelanjutan berbasis masyarakat. Untuk itu, Aliansi Jurnalis Sampang (AJS) berkesempatan studi banding bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu di Jalan Sultan Agung 7B, Jumat (13/12/2019).

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu Imam Suyono, mengungkapkan ada beberapa langkah dalam mengembangkan destinasi pariwisata yang pernah ia lakukan di Kota Batu. Semua ini perlu sinergitas dari seluruh elemen masyarakat, pemuda, maupun pemerintah.

“Langkah kita sejak dulu mengembangkan kepariwisataan itu dengan cara bekerjasama dengan rekan-rekan media baik cetak, online, maupun tv, untuk mempromosikan potensi wisata agar wisatawan luar bisa tahu,” ujarnya.

-Advertisement-

Masih kata Imam, langkah kedua menyiapkan Sales Mission. Kegiatan ini merupakan bentuk misi penjualan dengan mempertemukan seller serta travel agents. Hal ini diharapkan mampu menarik para wisatawan luar untuk mengunjungi lokasi wisata.

“Terpenting lagi perlu adanya pembinaan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) di desa, karena pengembangan wisata perlu pemikiran yang matang dari masyarakatnya sendiri agar sinkron tujuan mengembangkan destiwisata itu,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua AJS Kamaludin Harun, menyampaikan kunjungannya ke Kota Batu untuk menambah wawasan tentang pengelolaan wisata. Selain itu juga ingin meningkatkan gairah masyarakat sadar terhadap potensi desa yang perlu diolah untuk dikembangkan dalam mewujudkan kemandirian desa.

“Kami akan lebih fokus sesuai dengan di bidang peliputan mengenai pariwisata, tentu sesuai dengan program bupati dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kepariwisataan di Kabupaten Sampang,” tuturnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.