Demo tuntut harga tembakau mahal

Pamekasan, (Media Madura) – Sejumlah warga yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Peduli Petani Tembakau demo rumah dinas (Rumdin) Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur terkait anjloknya harga tembakau, Senin (8/9/2019).

Para aktivis yang mengaku dilahirkan dari rahim seorang petani itu menuntut harga tembakau mahal sesuai dengan janji politik Berbaur saat Pilkada 2018 lalu. Serta dinilai, Perda Nomor 4 Tahun 2015 sama sekali tidak berpihak terhadap petani.

“Kami ke sini managih janjinya Pak Bupati yang berjanji akan meningkatkan harga tembakau milik petani,” teriak Faisal salah satu orator aksi.

Selain itu, mereka mengecam soal pernyataan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di ruang terbuka, yang menyatakan para pendemo yang telah melakukan aksi demonstrasi dibayar dan petani yang mengalami kerugian hanya satu orang.

“Kami sepeserpun tidak menerima bayaran waktu melakukan aksi, ini murni memperjuangkan nasib petani tembakau,” tambah Faisal.

Sementara Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam di hadapan para demonstran menyatakan, demo ini merupakan sebagai alat kontrol dari masyarakat. Oleh karenanya, pihaknya sangat berterima kasih telah mengontrol pemerintah.

“Pemerintah menyampaikan terima kasih pada semua masyarakat, soal tembakau, pemerintah dengan 9 pabrikan sudah melakukan komunikasi, yang menyepakati harga minimal yakni tidak boleh membeli di bawah Rp 42.600,” katanya.

Diakui, pihaknya akan melakukan langkah-langkah. Kemungkinan akan merubah keberadaan Perda Tembakau, dengan melibatkan beberapa stakeholder, termasuk pemuda dan mahasiswa. Tujuannya, agar lebih berpihak kepada masyarakat atau petani tembakau.

“Perda tembakau diusahakan akan dirubah, tentunya akan dikomunikasikan dengan DPRD dan akan melibatkan pemuda dan mahasiswa,” tambah Baddrut.

Soal janji politik, urai Baddrut, pemerintah berikhtiar sekuat tenaga mulai bulan Maret lalu, bahkan telah mengumpulkan seluruh gudang. Dan, telah menyepakati minimal harga Rp 42.600 sesuai dengan daerah asal tembakau tersebut.

“Artinya, pemerintah sudah maksimal berikhtiar memperjuangkan harga tembakau,” tutup Baddrut Tamam.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.