Pilkades Serentak 2019 di Sampang Diikuti 38 Desa

Kepala DPMD Kabupaten Sampang Malik Amrullah. (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Sampang, Madura, Jawa Timur, telah dimulai. Saat ini, desa yang akan menggelar pemilihan sebagian sudah membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD).

“Sosialisasi Pilkades sudah dilakukan di seluruh kecamatan, termasuk mengeluarkan SK Bupati tentang penetapan lokasi desa yang akan menggelar Pilkades serentak 2019,” ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang Malik Amrullah, Rabu (4/9/2019).

Pembentukan P2KD sampai batas akhir tanggal 9 September. Kemudian, dilanjutkan dengan pengajuan rencana anggaran biaya Pilkades dan penyusunan jadwal tahapan sampai 10 September.

Setelah itu, lanjut Malik, panitia pemilihan kabupaten akan melakukan bimtek terhadap P2KD. Baru masuk pada tahapan pencalonan. Pengumuman dan pendaftaran bakal calon kepala desa dimulai pada 9 hari kerja, yakni 13 September sampai 25 September 2019.

Dilanjutkan tanggal 26 September hingga 11 Oktober tahapan pemeriksaan penelitian berkas persyaratan administrasi bakal calon dan tes narkoba.

“Lalu 14 Oktober penetapan bakal calon menjadi calon, dan sampai tahapan lanjutannya,” jelasnya.

Malik mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak di Sampang dilaksanakan pada hari Kamis 21 November 2019. Jumlah desa yang akan mengikuti pesta demokrasi itu sebanyak 38 Desa.

“Tahun ini Pilkades serentak 2019 diikuti 38 Desa,” ungkapnya.

Dia menambahkan, hanya empat desa yang tidak ikut pelaksanaan Pilkades serentak. Sehingga harus ikut pada tahun 2021. Meliputi di Kecamatan Kedungdung Desa Kramat, Desa Banjar, Desa Batu Poro Timur. Serta, di Kecamatan Robatal Desa Sawah Tengah.

“Kenapa tidak ikut pilkades tahun ini karena masa jabatannya masih berakhir pada pertengahan tahun yaitu bulan Mei 2020,” tandasnya.

Reporter : Zainal Abidin
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.