Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman meninjau kesiapan personil pengamanan, Senin (15/4/2019). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kepolisian Resor Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar apel pergeseran pasukan untuk pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pemilu 2019. Apel digelar di lapangan Wijaya Kusuma, Senin (15/4/2019) siang.

Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman, mengatakan ada sebanyak 10.863 personel yang disiapkan untuk pengamanan 3.691 TPS di 186 desa/kelurahan. Dari jumlah personel pengamanan pemilu di Sampang ini, meliputi 933 personel Polri, 550 personil TNI, dan 7.380 personil Linmas, serta BKO Polda Jatim 1.000 personil, Kodam V Brawijaya 1.000 personil.

“Apel pergeseran pengamanan ini bertujuan agar pasukan bisa lebih awal melakukan pengamanan di TPS-TPS, serta mengantisipasi kerawanan,” kata Budhi.

Diharapkan setelah pelaksanaan tersebut para pasukan pengamanan melakukan orientasi lapangan, sehingga bisa lebih memahami situasi di lapangan.

“Secepatnya berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS), RT/RW, dan pihak kelurahan dalam rangka pengamanan TPS,” ujarnya.

Kata Budhi, pola pengamanan untuk TPS rawan diberlakukan dengan 2 polisi, 24 Linmas, 12 TPS. TPS kurang rawan, 2 polisi 20 Linmas dan 10 TPS, dan TPS sangat rawan ada 2 polisi 8 Linmas dan 4 TPS.

“Kami sudah melakukan antisipasi bagi TPS rawan, semuanya bisa dikendalikan agar tidak memunculkan hal-hal yang tidak diharapkan,” katanya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.