Pamekasan, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan resmi menutup pendaftaran bakal calon anggota legislatif, Selasa (17/7/2018) pukul 00.00 WIB.

Sebanyak 16 partai politik peserta pemilu sudah mendaftarkan caleg mereka.

Pendaftaran sebenarnya telah dibuka oleh KPU sejak 4 Agustus lalu. Namun, semua parpol memilih mendatangi Kantor KPU di menit-menit akhir.

Partai Garuda dan PAN menjadi partai pertama yang mendaftarkan calegnya ke KPU. Kedua parpol ini menyerahkan daftar calegnya ke KPU pada Senin (16/7) lalu. Sepanjang hari itu, hanya dua parpol ini yang mendaftar.

Sebanyak 14 partai lainnya memilih hari terakhir untuk mendaftarkan caleg mereka. Partai Demokrat datang ke KPU pada Selasa (17/7) pagi, disusul Golkar, PKS,PPP,Berkarya, Gerindra, PKB,Hanura,PDI-P, PBB, PSI, PKPI, dan Perindo.

Kebanyakan parpol memilih menit-menit terakhir untuk mendaftar karena persiapan teknis yang harus dimatangkan.

“Alhamdulillah semua parpol telah mendaftar dan menyerahkan persyaratan untuk menjadi anggota DPRD Pamekasan,” terang Ketua KPU Pamekasan, Moh. Hamzah Rabu (18/7/2018).

Setelah proses pendaftaran ini, akan ada verifikasi administrasi bakal calon pada 4 sampai 18 Juli 2018.

Selanjutnya, KPU akan menyampaikan hasil verifikasi kelengkapan administrasi bakal calon kepada partai politik peserta pemilu.

Pada 22-31 Juli 2018, akan ada perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota serta pengajuan bakal calon pengganti.

Pengumuman daftar calon tetap akan dilakukan pada 21-23 September 2018. Adapun pemilihan legislatif (pileg) akan dilaksanakan serentak pada Rabu, 17 April 2019 di seluruh Indonesia.

Reporter: Zubaidi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.