Sumenep, (Media Madura) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kalianget Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menghimbau masyarakat khususnya  yang beraktifitas di laut untuk waspada.

Pasalnya, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG Maritim Perak Surabaya, hari ini Kamis (5/7/2018) gelombang di beberapa perairan berada diatas normal, yakni mencapai 3.0 meter.

“Mohon diwaspadai pada hari ini ketinggian gelombang mencapai 3.0 m di Laut Jawa bagian timur, Perairan Kepulauan Masalembu dan Perairan Kepulauan Kangean,” kata Kepala Stasiun BMKG Kalianget, Usmad Khalid.

Menurutnya, gelombang tinggi diprediksi tidak hanya akan terjadi hari ini, melainkan hingga sepekan kedepan, meski tingginya tidak sampai 3.0 meter.

“Tendensi kondisi gelombang satu pekan mendatang (tanggal 5 – 11Juli 2018), kondisi tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timur umumnya antara 1.3 – 2.5 meter, tapi pada tanggal 9 Juli 2018 ketinggian gelombang mencapai 3.0 m di Laut Jawa bagian timur dan perairan Masalembu,” terangnya.

Oleh sebab itu, Usman menghimbau agar selama cuaca belum kembali normal, masyarakat mengurangi aktifitas di perairan atau di laut, karena besar gelombang sewaktu-waktu dapat membahayakan.

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.