Pamekasan, 17/7 (Media Madura) – Ada pemandangan tidak biasa saat hari pertama masuk Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Banyak murid didampingi orangtua berebut bangku kelas deretan depan.

Seperti yang terjadi di SDN Duko Timur I, Kecamatan Larangan, Senin (17/7/2017) pagi.

“Dari subuh orangtua murid kelas satu sudah ada di sekolah untuk antar anaknya, agar mendapatkan bangku terdepan di hari pertama sekolah,” kata penjaga SDN I Duko Timur I, Ruski, Senin (17/7/2017).

Puluhan orang tua siswa itu mengantarkan anak-anaknya sebelum pintu masuk sekolah dibuka.

“Tadi pintu kelas belum dibuka, murid sudah antre di depan pintu masuk kelas,” sambung pria berkumis tipis itu.

Ruski menambahkan, pemandangan tersebut bukan hanya terjadi hari ini saja. Para orangtua mengantarkan anaknya di hari pertama masuk sekolah berlangsung beberapa tahun lalu. Bahkan, katanya, ada orangtua siswa datang ke sekolah pagi-pagi buta sembari menbawa obor.

“Hal seperti ini sudah biasa setiap tahun. Untuk mencarikan anak-anaknya tempat duduk paling depan di dalam kelas,” tambahnya.

Sementara oang tua murid, Rofii (40) mengatakan, dirinya datang ke sekolah sejak pukul 05.00 WIB untuk menemani anaknya mendapatkan tempat duduk terdepan dan pertama.

“Saya mau dapat bangku pertama agar lebih pintar,” katanya sambil antre di depan pintu kelas yang belum dibuka.

Ia menambahkan, mengantar anak ke sekolah di hari pertama merupakan bentuk perhatian dan memotivasi agar sang anak semangat belajar di sekolah.

“Di sini yang berebut bangku bukan hanya anak, tetapi orang tua murid juga ikut berebut bangku terdepan di dalam kelas,” tambah Rofii.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan