AJP Kecam Aksi Pemukulan Jurnalis di Lampung

Aksi solidaritas AJP untuk Ardy Yohaba yang digelar di Monumen Arek Lancor Pamekasan, Senin (31/8/2020).

Pamekasan, (Media Madura) – Aksi solidaritas terhadap rekan satu profesi ditunjukkan Aliansi Jurnalis Pamekasan (AJP). Aksi damai tersebut digelar di Monumen Arek Lancor, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin (31/8/2020).

Dalam aksinya, AJP mengecam tindakan kekerasan yang menimpa, Ardy Yohaba, jurnalis SCTV-Indosiar Lampung.

Seperti diketahui, Ardi Yohaba menjadi korban kekerasan oknum panitia Sepak Bola Piala Bupati Cup Lampung Utara. Selain menjadi korban pemukulan, kamera Ardy Yohaba juga dirampas.

“Ini merupakan tindakan (kekerasan) yang seribu kali yang terjadi di Indonesia maupun di dunia yang dilakukan kepada jurnalis. Untuk itu kami mengutuk keras tindakan kekerasan terhadap jurnalis di Lampung,” teriak orator aksi AJP, Hendra, Senin (31/8/2020).

Wartawan senior itu juga meminta pihak kepolisian mengusut tuntas kasus tindak kekerasan tersebut.

“Kami juga meminta kepada masyarakat untuk belajar tentang Undang-undang Pers, karena kami bekerja secara profesional dan sesuai kode etik jurnalistik,” tegas Jurnalis Radio Karimata FM tersebut.

Para jurnalis yang terdiri dari media online, cetak, dan media elektronik tidak hanya gantian berorasi, tetapi juga membentangkan sejumlah poster yang berisi kecaman.

Poster-poster tersebut bertuliskan: “Usut Tuntas Kasus Kekerasan Jurnalis, Kami Dibungkam Kami Melawan, Stop Kekerasan Jurnalis, Kami Dilindungi UU Pers, dan Jangan Ada Kasus Ardy Lagi”.

Reporter: Zainol
Editor: Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.