Kepala Disparbudpora Sumenep, Sofiyanto

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) memastikan akan menikkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Kepala Disparbudpora Sumenep, Sofiyanto menuturkan, kenaikan PAD pada tahun depan tersebut sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Untuk 2019, PAD dari sektor pariwisata kami naikkan sampai 15 persen dibanding tahun ini. Ini juga tidak termasuk kenaikan pada saat APBD Perubahan nanti,” ungkapnya, Sabtu (29/12/2018).

Sofi menyebutkan, tahun ini target PAD dari sektor pariwisata awalnya Rp 322 juta. Namun pada APBD Perubahan, dinaikkan menjadi Rp 370 juta.

Kenaikan target PAD 2018 itu dilakukan karena target Rp 370 juta tersebut saat ini posisinya sudah terlampaui sejak November lalu. Kala itu, perolehan sudah mencapai 114 persen. 

“Kalau sampai akhir Desember ini, tentu akan lebih besar lagi, karena akhir tahun ini adalah musim liburan, rapi jumlah itu belum kami rekap,” tuturnya.

Sekadar diketahui, tahun ini Pemkab Sumenep menargetkan kunjungan wisata mencapai 1,2 juta orang wisatawan dalam negeri dan 5 ribu wisatawan manca negara. 

Melalui program visit year 2018, Pemkab juga telah menggelar puluhan even untuk menarik minat wisatawan melancong ke kabupaten paling timur Pulau Madura.

Sofi mengklaim, selain PAD pariwisata melonjak, pendapatan masyarakat sekitar juga merangkak. “Yang jelas selama 2018 ini, sektor pariwisata sangat membantu perekonomian masyarakat. Masyarakat cukup merasakan dampaknya,” klaimnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.