Proses pemusnahan puluhan ribu e-KTP di Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Sebanyak 51 ribu keping lebih Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dimusnahkan dengan cara dibakar, Jumat (14/12/2018).

Pemusnahan e-KTP tersebut dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) setempat yang diketahui merupakan kumpulan sejak tahun 2012 hingga 2018.

“Pemusnahan e-KTP ini sesuai Surat Edaran Mendagri, dan di Sumenep dilakukan di halaman Dispendukcapil tadi siang,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dispendukcapil Sumenep, Wahasah, Jumat (14/12/2018).

Wahasah menjelaskan, e-KTP yang dimusnahkan tersebut merupakan e-KTP yang sudah tidak bisa digunakan karena adanya perubahan data, seperti status dan alamat atau perbaikan nama.

“Sesuai prosedur, KTP yang rusak atau tidak bisa digunakan itu memang harus dimusnahkan. Kalau dulu kan digunting, tapi sekarang harus dibakar,” jelasnya.

Disamping itu, pemusnahan e-KTP juga dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Apalagi saat ini menjelang Pemilu. 

“(e-KTP) yang sudah tidak digunakan harus dimusnahkan untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan, seperti penyalahgunaan KTP tersebut,” pungkas Wahasah. 

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.