Tampak belakang ruang perpustakaan yang terbakar, Senin (10/12/2017). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kepulan asap hitam muncul dari atap sebuah bangunan di Jalan Manggis, Kelurahan Gunung Sekar, Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, Senin (10/12/2018) siang.

Tampaknya, asap membubung itu akibat kobaran api yang membakar ruang perpustakaan SDN Gunung Sekar 6. Belum diketahui penyebab pasti kebakaran menghanguskan ratusan koleksi buku tersebut.

Menurut warga yang berdekatan dengan lokasi sekolah, mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 13.10 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa karena sekolah dalam kondisi sepi. Siswa dan guru sudah pulang setelah mengikuti ujian semester.

“Semua sudah pada pulang mas, karena lagi ujian, tadi asap muncul di bangunan perpustakaan, melihat itu warga berusaha memadamka api dengan alat seadanya dan melapor ke pemadam kebakaran,” ujar Moh Ali.

Petugas kebakaran akhirnya tiba dilokasi beberapa menit kemudian. Ada 1 unit tangki air dan 1 unit mobil damkar dikerahkan. Api baru bisa dipadamkan setelah 30 menit dari kejadian kebakaran.

“Kalau penyebab kebakaran belum bisa disimpulkan karena api berasal dari bagian bawah, jika korsleting listrik biasanya dari atap, tapi kabel-kabel yang di atap kondisinya normal,” singkat Kasi Ops Damkar Satpol PP Sampang Moh Maftuh Fathorahman dilokasi kejadian.

Saat dikonfirmasi, Kepala Sekolah SDN Gunung Sekar 6, Sofiatun Hidayati mengaku tidak mengetahui pasti penyebab terbakarnya ruang perpustakaan yang dibangun sejak tahun 2010 itu karena saat jam mengajar berlangsung ruangan tersebut tidak ditemukan kejanggalan yang mengarah akan adanya kebakaran.

“Ini saja baru dapat info dari petugas penjaga sekolah, ruangan yang terbakar hanya perpus di dalam berisi ratusan koleksi buku dan ruangan itu juga dimanfaatkan sebagai ruang Unit Kesehatan Siswa (UKS),” pungkasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.