Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz saat memberikan sambutan

Pamekasan (Media Madura) – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan periode 2018-2021 resmi dilantik oleh pengurus PWI Provinsi Jawa Timur. Kamis (06/12/2018) sore.

Dalam pelantikan yang digelar di Auditorium Hotel Odaita Pamekasan Jl Raya Sumenep itu, selain dihadiri oleh pengurus PWI Jawa Timur, juga dihadiri oleh unsur forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab setempat.

Pelantikan kali ini mengusung tema ‘Menguatkan Komitmen Etika Pers, Mengawal Pemilu Damai Berintegritas 2019.

“Sebagai sebuah profesi, wartawan seharus memegang teguh nilai etik profesi sebagaimana tertuang dalam kode etik jurnalistik. Jika kita mengacu kepada prinsip-prinsip yang tertuang dalam kode etik jurnalistik itu, sebenarnya profesi wartawan ini adalah mulia,” kata ketua PWI Pamekasan Abd Aziz dalam sambutannya pascadilantik.

Selain itu, kata pewarta LKBN Antara ini, anggota PWI Pamekasan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya harus berpedoman pada pasal 1 Kode Etik Jurnalistik yang menyebutkan wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita akurat, berimbang dan tidak beritikad buruk.

“Independen disini berarti memberitakan peristiwa atau fakta sesuai dengan suara hati dan nurani tanpa campur tangan, paksaan dan intervensi dari pihak lain. Akurat berarti dipercaya sesuai keadaan objektif dan berimbang,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus PWI periode tahun 2018-2021 ini dan berharap agar pengurus yang dilantik tersebut mampu mengemban amanah dan menjadikan pers di Pamekasan makin sehat.

Selain itu, kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap agar wartawan bisa menyajikan informasi yang cerdas, bergizi, sehat, dan mendidik.

Apalagi, kata mantan anggota DPRD provinsi Jawa Timur ini, saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0.(*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.