Tersangka digelandang petugas ke Rutan Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep, Madura, Jawa Timur akhirnya menahan dua tersangka kasus korupsi proyek Pasar Pragaan, Kecamatan Pragaan, Rabu (5/12/2018).

Kedua tersangka tersebut adalah Babur Rahman, selaku pelaksana pekerjaan fisik dan Konsultan Pengawas, Koko Andryanto.

Kasi Intelijen Kejari Sumenep, Wisnu dalam keterangan persnya menyampaikan, pelimpahan tahap II tersangka dan barang bukti dari Penyidik Pidkor Polres Sumenep ke Kejaksaan terdiri dari dua berkas.

Yakni, tersangka satu yang bersumber dari dana DAK Kabupaten Sumenep Tahun 2014 pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan nilai kontrak pekerjaan fisik Rp 2.456.456.000.

“Pelaksanaan pekerjaan fisik tersebut ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi teknis, volume dan RAB yang tercantum dalam kontrak/ CCC,” ujarnya, Rabu (5/12/2018).

Wisnu menjelaskan, tersangka kedua selaku Konsultan Pengawas, menyatakan bahwa pekerjaan pelaksana telah sesuai dengan spesifikasi teknis, volume dan RAB yang tercantum di kontrak/ CCO, walaupun kenyataannya pekerjaan itu tidak sesuai.

Akibat perbuatan kedua tersangka negara mengalami kerugian sebesar Rp.676.857.499,53.

“Setelah selesai dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka dan barang bukti, dilakukan penahanan terhadap kedua tersangka di RUTAN Kelas II B Sumenep,” tandasnya.

Dia menambahkan, kedua tersangka akan ditahan selama 20 hari kedepan terhitung dari hari ini, dan atas perbuatannya kedua tersangka diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.