Komisi IV DPRD Sampang sidak proyek Puskesmas Torjun, Senin (3/12/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Komisi IV DPRD Sampang, Madura, Jawa Timur, psimistis pembangunan proyek pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Torjun rampung tahun ini. Sebab, hingga kini pengerjaannya masih berjalan sekitar 30 persen.

“Padahal batas waktunya berakhir sampai 28 Desember 2018, jadi nanti pasti tak rampung,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Sampang, Amin Arif Tirtana di lokasi sidak, Senin (3/12/2018).

Kata Amin, pengerjaan proyek Puskesmas Torjun sudah dua kali perubahan isi perjanjian masa kontrak atau adendum. Pertama, kontrak awal proyek itu berakhir pada 28 November 2018. Lalu, pihak rekanan mengajukan penambahan masa kontrak kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) yakni sampai 28 Desember.

“Tapi kalau melihat kondisi bangunan sekarang yakin tidak akan selesai, lihat saja masih 30 persen,” jelasnya.

Total anggaran kegiatan rehab berat pembangunan gedung Puskesmas Torjun senilai Rp 1,4 miliar. Dana itu bersumber dari APBD tahun 2018.

Dia meminta, pihak pelaksana segera menyelesaikan pengerjaan itu dari sisa waktu tersebut. Jika nanti pada batas akhir pekerjaan proyek Puskesmas tak kunjung rampung, maka kontraktor bakal terancam sanksi denda hingga ancaman blacklist.

“Dinas Kesehatan selaku pengelola anggaran harus bersikap tegas dan segera ambil tindakan,” tegasnya.

Hasil sidak kali ini, dirinya menemukan ketidaksesuaian material bangunan, seperti pemasangan besi yang tidak sesuai RAB.

“Besi yang seharusnya 13 milimeter dipasang 12 milimeter dan pengerjaanya tidak bagus terutama pada tiang cor yang banyak berlubang,” ungkapnya.

Sementara itu, PPTK proyek pembangunan Puskesmas Torjun Dinkes Sampang dr Yuliono mengklaim pengerjaan proyek sesuai dengan RAB dan optimis sesuai kontrak. Bahkan hasil keterangan pengawas, proyek berjalan sekitar sampai 35 persen.

“Pasti akhir tahun ini bisa selesai, selama ini masih molor karena sesuai laporan dari tim pengawas karena faktor tenaganya dan frekuensi kerjanya yang kurang kalau material semuanya siap,” pungkasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.