Ilustrasi BUMDes

Sumenep, (Media Madura) – Salah satu dari sembilan program unggulan pemerintah Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, A Busyro Karim-Achmad Fauzi adalah pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Pembentukan BUMDes bertujuan untuk memfasilitasi permodalan usaha kecil dan menengah (UKM) atau industri kecil dan menengah (IKM) yang ada di desa. 

BUMDes juga dalam rangka pembangunan kawasan desa mandiri. Sehingga pembentukan BUMDes di semua desa tuntas dalam tahun ini. Sebab, pemerintahan Busyro-Fauzi telah berjalan dua tahun lebih. 

Namun faktanya, dari 330 desa yang ada di Sumenep saat ini hanya 101 desa masih belum memiliki BUMDes. Hal itu dinilai masih jauh dari harapan. 

Anggota Komisi I DPRD Sumenep, Joni Tunaidi menyampaikan, pembentukan BUMDes di semua desa seharusnya sudah selesai secara teknis. Saat ini sudah bukan waktunya berbicara teknis pembentukan BUMDes, melainkan berbicara prospek BUMDes. 

“Berapa keuntungan BUMDes dari usaha yang dijalankan, kemudian sudahkah kesejahteraan masyarakat desa terakomudir melalui BUMDes, termasuk usaha-usaha masyarakat di bawah. Jadi, apa yang menjadi program unggulan, hari ini harusnya sudah bisa dinikmati,” ujarnya, Jum’at (23/11/2018).

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, setiap desa wajib membentuk BUMDes, agar ada pendapatan asli desa (PADes). Semua itu untuk kesejahteraan dengan menguatkan usaha-usaha masyarakat di desa.

“Kalau memang tidak ada sambutan baik dari pihak desa dan pihak pemerintah kurang merespon, harus ada sanksi dong yang bisa diterapkan,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Ahmad Masuni mengakui, jika dari 330 desa yang ada, sudah 229 desa yang membentuk BUMDes.

“Sejauh ini yang tidak terbentuk masyoritas di Kepulauan. Kalau di daratan sudah hampir semua meskipun ada yang belum,” katanya dalam sebuah kesempatan wawancara.

Menurutnya, kendala desa belum membentuk BUMDes, kemungkinan karena persoalan waktu. Sebab, kata Masuni, pembentukannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

“BUMDes yang sudah terbentuk mayoritas bidang sudah berjalan, ada berbagai macam bidang yang digeluti BUMDes, mulai dari menyiapkan kebutuhan bahan pokok, simpan pinjam, pertanian, dan lain sebagainya,” jelasnya. 

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.