Pamekasan, (Media Madura) – Memasuki musim penghujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur meminta masyarakat mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan diare.

Selain melakukan pengasapan dan pemberian obat pembunuh jentik, warga juga diminta untuk melakukan gerakan 3M yakni menguras, menutup, dan mengubur.

“Paling banyak potensi penyakit di musim hujan, DBD dan diare,” terang Pelaksana Tugas Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pamekasan Ali Maksum, Jumat (16/11/2018).

Ia menjelaskan untuk mewaspadai potensi penyebaran dua penyakit tersebut Dinkes Pamekasan telah memberikan imbauan kepada seluruh puskesmas dan rumah sakit.

“Penyebaran DBD ini melalui nyamuk Aedes Aegypti. Sedangkan untuk diare biasanya penyebarannya dari lalat. Makanya kami meminta kepada puskesmas dan rumah sakit untuk selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya selalu melakukan 3 M,” tambahnya.

Pihaknya pun meminta pada masyarakat untuk selalu melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), baik di musim hujan maupun musim kemarau.

Reporter: Zubaidi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.