Anggota Komisi III DPRD Sampang meninjau proyek pembangunan jalan di kawasan Mangkubumi hingga Samsul Arifin Kota Sampang, Kamis (15/11/2018) siang. (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Pembangunan jalan perkotaan sepanjang 318 meter senilai Rp 2,2 miliar terancam molor. Hingga kini, proges pengerjaannya masih menunjukkan 51 persen. Padahal, batas waktu pengerjaan berakhir tertanggal 22 Desember 2018 mendatang atau sisa 27 hari lagi.

“Kita yakin proyek pembangunan jalan ini pasti molor, hanya tersisa 27 hari saja masih belum menunjukkan penyelesaian diatas 80 persen, kita harap bagaimana ini terlaksana sesuai deadline,” kata Ketua Komisi III DPRD Sampang Moh Nasir dilokasi sidak, Kamis (15/11/2018).

Proyek pembangunan jalan yang bersumber dari dana APBD 2018 itu dikerjakan oleh CV Puji Rahmat. Lokasi pekerjaan terletak di kawasan Jalan Mangkubumi hingga Jalan Samsul Arifin Kota Sampang. Pengerjaan cor beton tersebut sepanjang 318 meter dengan lebar 8 meter.

Moh Nasir mengatakan, hasil sidak Komisi III menemukan beberapa ketoledoran yang dilakukan pihak rekanan. Meliputi, kurangnya penyangga besi Wiremesh, sehingga sangat jelas mengurangi kualitas cor beton. Serta, kurang bersihnya sisa batu dan pasir di dasar bawah sebelum pengecoran.

“Pelaksana diminta agar hal sekecil apapun betul-betul diperhatikan demi tidak mengurangi kualiatas pengerjaan, kayak tadi pemasangan besi wiremesh harus ada keseimbangan antara penyangga dengan space atas dan bawah,” jelasnya.

Politikus Partai Gerindra ini juga meminta rekanan untuk membuat dan memperbaiki saluran drainase yang roboh akibat pekerjaan pengecoran jalan. Sebab, jika tidak adanya pembuangan aliran air, maka akan merendam jalan tersebut dan kembali rusak.

“Sebagus apapun perbaikan jalan tanpa diimbangi irigasi bisa kurang efektif, nanti akan tergerus jalannya, maka itu perlu ada normalisasi,” tegas Moh Nasir.

Dikonfirmasi dibalik telepone, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pembangunan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Sampang Erwin Elmi Syahrial, membenarkan pembangunan jalan perkotaan dianggarkan dari APBD Sampang tahun 2018 sebesar Rp 2.220.603.000. Batas pengerjaan sampai 22 Desember.

“Papan informasi pekerjaan sudah terpampang di pertigaan jalan, pengerjaannya dana APBD,” singkatnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.