Jemaah haji Sumenep mengikuti manasik akbar

Pamekasan, (Media Madura) – Sebanyak 820 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, di rencanakan akan berangkat ke tanah suci Mekah pada tahun 2019.

Dikatakan oleh Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Innani Mukarromah, ke 820 CJH itu merupakan pendaftar haji tahun 2010 sehingga masuk estimasi pemberangkatan tahun 2019.

“Tahun depan insyaallah ada 820 orang yang akan menunaikan haji,” katanya, Rabu (14/11/2018).

Innani menambahkan, estimasi haji tersebut merupakan CJH reguler berdasarkan nomor porsi yang dikeluarkan oleh Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur. Namun hal tersebut dimungkinkan masih ada perubahan data sebab belum termasuk jemaah haji khusus.

“Kemungkinan besar ada tambahan, karena ini hanya hitungan sementara saja. Seperti tambahan lanjut usia dan pendamping,” tambahnya.

Para CJH yang masuk estimasi pemberangkatan 2019 diimbau agar mempersiapkan fisik dan mental jauh hari sebelumnya. Pihaknya telah menyampaikan informasi itu kepada para calon tamu Allah tersebut melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) masing-masing.

“Menjaga kesehatan itu sangat penting untuk pelaksanaan ibadah haji. Untuk jemaah haji reguler ini sudah 9 tahun yang antre pemberangkatan,” pungkas Innani.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.