Sumenep, (Media Madura) – Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur kembali mengalami perubahan. 

Berdasarkan data di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, hasil rekapitulasi dan penetapan jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan kedua (DPTHP-2) Pemilu 2019, jumlah DPT Pemilu 2019 bertambah. 

“Setelah dilakukan coklit terbatas jumlah pemilih yang telah ditetapkan di DPTHP 1 sebanyak 867.363 pemilih bertambah menjadi 873.273 pemilih,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rahbini, Selasa (13/11/2018).

Dia menuturkan, DPT berubah setelah PPS pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) lagi sejak 1-9 November 2018, dan ditemukan pemilih pemula belum masuk dan juga DPT yang TMS pada DPTHP 1.

“Sementara pendataan sudah selesai, cuma apabila nanti ada rekomendasi dari Bawaslu RI, kami siap melaksanakan sesuai rekomendasi dari KPU RI,” terangnya.

Lebih lanjut diterangkan, tahapan selanjutnya KPU akan melakukan pendataan Daftar Pemilih Khusus (DPK). Itu dilakukan agar semua hak pilih yang tidak masuk DPTHP 2 bisa terakomodir pada Pemilu 2019 mendatang.

“Tujuannya supaya mereka yang belum masuk DPTHP 2 bisa masuk dan terakomodir, sehingga bisa nyoblos tahun depan,” pungkansya. 

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Berita Terkait: Jumlah DPT untuk Pemilu 2019 di Sumenep Berubah

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.