Kondisi jembatan miring dan nyaris ambrol

Sumenep, (Media Madura) – Kondisi Dermaga I Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sangat memprihatinkan.

Dari pantauan mediamadura.com di lokasi, kondisi jembatan penumpang nampak miring, ujung dermaga terlihat ambruk, bahkan sudah tidak layak pakai. Tentu kondisi tersebut membahayakan keselamatan calon penunpang.

Dermaga I Pelabuhan Kalianget merupakan tempat bersandar kapal yang melayani rute pelayaran Kalianget-Sapudi, Raas, dan jurusan Jangkar Situbondo.

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Sostono mengakui jika dermaga tersebut memang tidak layak dimanfaatkan. Menurutnya, dermaga terpaksa dioperasikan karena tidak ada lagi sarana penyeberangan ke sejumlah pulau.

“Kami (Pemerintah Daerah) tidak punya kewenangan untuk memperbaikinya karena statusnya milik Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub,” kata Sustono, Senin (12/11/2018).

Namun meski tidak punya wawenang, sejak 2016 lalu pihaknya telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk perbaikan dermaga I. Lalu pada 2017 lalu pihaknya sudah mempersentasekannya di Kemenhub.

“Cuma usulan tersebut tidak serta merta dikabulkan karena harus dilengkapi rencana induk pembangunan dan DED  (detil enngenering desain), itupun dokumen perencanaan tersebut bukan kewengan Dishub melainkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” tukasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.