Anggota DPRD Sampang Rahmad Hidayat (kopiah) didampingi Ketua KPS Chairil Alwan (berkacamata) melihat pameran seni rupa Bani Balwan, Sabtu (10/11/2018) pukul 19.00 WIB. (Rafi for MM).

Sampang, (Media Madura) – Peringati Hari Pahlawan ke-73, Komunitas Perupa Sampang (KPS) menggelar pameran seni rupa di Gedung Kesenian Jalan Wijaya Kusuma, Kota Sampang, Sabtu (10/11/2018) malam.

Pembukaan pameran seni rupa Bani Balwan dikemas dalam rangka memperingati ’10 November Untuk Negeri 2018′.

Ketua Komunitas Perupa Sampang (KPS), Chairil Alwan, mengatakan berbagai karya dalam pameran seni rupa Bani Balwan bersama keluarganya ini ditampilkan untuk memovitasi generasi bangsa pada momentum hari kepahlawanan. Menurutnya, berkarya tidak bermaksud menunjukkan demi kebutuhan. Melainkan, mengajak masyarakat saling menikmati perkembangan budaya terutama pada karya seni yang selalu dipamerkan.

“Kami yakin, tidak ada manusia yang tidak menyukai pada seni. Karena seni bagian yang menjadi asupan daripada setiap manusia itu sendiri,” kata Chairil Anwar saat pembukaan pameran seni rupa, Sabtu (10/11/2018).

Dijelaskan Chairil, pihaknha terus membangunkan jiwa yang terlupakan menjadi jiwa yang senantiasa merasa rindu akan kedamian dan keindahan seni.

“Berkarya seni merupakan sumbangsih kami bersama KPS termasuk Bani Alwan. Seni bagian peradaban yang dapat mewujudkan bangsa semakin berkembang,” ucapnya.

Disampaikannya, Bani Alwan dirintis pada 10 November oleh keluarga besar dari Pasangan Suami Istri (Pasutri) Chairil Alwan dan Musdalifah. Serta melahirkan tiga anak Ghina Zhavira (SMAN 1 Sampang), Zaidan Ramzi Dhiyaulaq (SMPN 1 Sampang) dan Abdillah Haikal (SDN Gunung Sekar 1 Sampang).

“Saya, istri bersama tiga anak generasi memiliki keterampilang dan menekuni suatu bidang yang sama dalam berkarya. Yaitu seni lukis atau seni rupa,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Sampang Rahmad Hidayat Rifai ketika menghadiri pembukaan seni, mengapresiasi terhadap pameran seni rupa Bani Alwan yang ditampilkan di Gedung Kesenian.

“Bersama hari pahlawan, pameran seni rupa dari KPS khususnya keluarga besar Bani Alwan menjadi inspirasi banyak terutama bagi anak-anak dan generasi millenial untuk lebih mencintai bidang seni rupa,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang Aji Waluyo mengaku salut terhadap upaya yang dilakukan oleh teman-teman seniman. Tanpa mengubah kalender event pameran yang telah terstruktur dalam satu tahun periode 2018.

“Terus terang, kami bersama pemerintah kabupaten akan membina dan melakukan evaluasi bagaimana kegiatan seniman menjadi perhatian dan bisa dibaca oleh wisatawan,” pungkasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.