Kepala UPT Disdik Provinsi Jatim di Sampang Assyari memberikan keterangan kepada wartawan, Rabu (7/11/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kepala UPT Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Timur Cabang Sampang Assyari, meminta seluruh lembaga sekolah di wilayah itu memasang CCTV. Tujuannya, menimalisir terjadinya kasus asusila di sekolah yang marak terjadi belakangan ini.

“Kami sudah perintahkan sejak 2017 kemarin ke lembaga sekolah pasang CCTV di setiap sudut ruangan sebagai alat bantu pengawasan,” kata Assyari ditemui dikantornya, Rabu (7/11/2018).

Pernyataan itu disampaikan Assyari menanggapi terjadinya kasus asusila yang menimpa salah satu siswi SMK di Sampang. Pelaku dan korban memanfaatkan ruangan kelas dalam melakukan perbuatan tak senonoh.

Dia mengakui, dari 17 lembaga sekolah SMA/SMK Negeri yang berada di nauangannya hanya 2 sekolah belum memasang CCTV secara merata di sudut ruangan. Yakni, SMKN 1 Sampang dan di SMAN Banyuates. Maklum, tidak terpasangnya kamera pengawas lantaran faktor anggaran.

“Tapi di sana sebagian sudah terpasang tapi tidak menyeluruh, kami menyuruh menambah pemasangan CCTV untuk dipasang di tempat rawan,” jelasnya.

Dengan dipasangnya CCTV, lanjut Assyari, semua ruang kelas yang difungsikan untuk kegiatan pendidikan tercipta rasa keamanan. Bukan hanya memonitor hal-hal yang buruk saja, tapi bisa juga untuk memantau aktivitas siswa ketika menggelar sebuah kegiatan belajar.

“Kalau ada CCTV semua pasti bisa dipantau dan fungsinya banyak,” pungkasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.