Peserta tes CPNS melihat hasil tes

Sumenep, (Media Madura) – Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah memasuki hari ketiga, Rabu (7/11/2018).

Berdasarkan evaluasi cepat BPKSDM Sumenep terhadap hasil tes hari ini, hingga sesi kedua selesai, hanya 1 orang saja yang nilainya mencapai ambang batas atau passing grade.

“Ya, hari ini hanya satu orang yang nilainya memenuhi ambang batas minimal,” kata Kepala BPKSDM Sumenep, Titik Suryati, Rabu (7/11/2018) siang. 

Menurut Titik, ia merupakan peserta tes disesi pertama, sedang disesi kedua nihil, dan sesi ketiga saat ini masih berlangsung dan belum diketahui hasilnya. 

“Memang presentase passing grade tahun ini sangat rendah, dan itu tidak hanya di Sumenep, di daerah lain pun begitu, sekitar 9 persen bahkan ada yang di bawah 5 persen,” aku Yatik. 

Dia merinci, selama 3 hari pelaksanaan tes, baru 51 orang yang memenuhi passing grade, yaitu K2 40 orang dari 153 peserta, comlaud 6 orang dan formasi umum 5 orang. 

“Yang formasi umum, hari pertama 2 orang, hari kedua 2 orang, dan hari ini hingga sesi kedua cuma 1 orang,” tandansnya. 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) hasil tes CPNS harus memiliki ambang batas minimal atau passing grade dengan nilai SKD 260.

Tes CPNS 2018 dilakukan melalui sistem Computer Assisted Test (CAT). Sistem CAT ini dipakai untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Sementara Kabpaten Sumenep tahun 2018 mendapat kuota sebanyak 372 formasi dengan perincian 163 orang guru K2, guru non K2 40 orang, tenaga kesehatan 125 orang, dan tenaga teknis 44 orang. 

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.