Situasi TPS 08 Desa Bunten Barat yang menggelar PSU jilid 3, Selasa (30/10/2018).

Sampang, (Media Madura) – Ketua KPU Sampang, Madura, Jawa Timur, Syamsul Muarif, mengungkapkan pelaksanaan coblos ulang atau PSU yang digelar di TPS 08 Desa Bunten Barat Kecamatan Ketapang masih tampak sepi pemilih. Hingga pukul 10.00 WIB, hanya ada satu pemilih yang mencoblos.

“PSU di TPS 08 dimulai pukul 07.30 WIB, sampai pukul 10.00 WIB ini hanya ada satu pemilih, kurang tahu penyebabnya kenapa sepi pemilih, hak masyarakat itu yang penting kita sudah melaksanakan kewajiban,” Syamsul dihubungi mediamadura.com, Selasa (30/10/2018).

Syamsul mengatakan, pihaknya saat ini bersama Panwascam Ketapang memantau langsung pelaksanaan PSU di TPS 08. Sebelum pelaksaan, dirinya memastikan seluruh petugas KPPS telah diganti.

“Kondisinya berjalan sangat baik dan kondusif, pelaksanaan PSU sesuai dengan tata cara dan aturan, tadi juga semua KPPS diambil sumpah,” jelasnya.

Tak hanya itu, dirinya membenarkan beredarnya video penolakan dari masyarakat saat petugas KPPS mendistribusikan formulir C6.

“Iya sebagai mana video yang beredar memang seperti itu, tapi tidak semua masyarakat menolak ada yang menerima,” tandasnya.

Untuk diketahui, TPS 08 Desa Bunten Barat Kecamatan Ketapang harus menggelar coblos ulang ketiga kalinya dalam Pilkada Sampang. Hal ini dikarenakan TPS 08 dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 735 pemilih itu ditemukan pelanggaran administrasi pemilihan.

Bentuk pelanggarannya yaitu ada pemilih yang nyoblos lebih dari satu kali. Disitu ada peran dari penyelenggara yang melakukan pelanggaran. Temuan pelanggaran oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Ketapang. Sehingga Panwascam mengeluarkan surat rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan No surat 001/PANWASCAM.KTP/X/2018.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.