Pamekasan – Satgas TMMD ke-103 Kodim 0826 Pamekasan dalam kegiatan nonfisik bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pamekasan, memberikan materi cara membuat pupuk organik kepada para kelompok tani Desa Pasanggar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Posko TMMD Balai Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, Rabu (24/10/2018) pagi.

Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Pamekasan Ridwan memaparkan, bahan – bahan dalam membuat pupuk bokashi (pupuk organik) diantaranya terdiri dari pupuk kandang, EM4 (bakteri pengurai), gula atau tetes tebu, Arang sekam, sekatan padi dan air.

“Setelah bahan sudah lengkap langkah selanjutnya yaitu sehari sebelum dibuat, EM4 sudah dicampur dengan air dan tetesan gula di dalam Bolt tanpa terpapar sinar matahari dan dilanjutkan dengan kotoran sapi dan arang sekam dicampur jadi satu diaduk rata, pupuk siap digunakan ” ujarnya.

Lebih lanjut Ridwan menyampaikan petani harus mampu mengolah sendiri pupuk untuk pertaniannya, karena pembuatannya mudah, keuntungan pupuk organik tidak memerlukan biaya mahal dan lebih terjangkau.

Apalagi, pembuatan pupuk organik bisa menggunakan bahan-bahan sederhana, hal ini merupakan strategi yang dapat dilaksanakan dengan tujuan menekan jumlah limbah dan biaya pengangkutan.

Salah satu petani Mustofa (50) mengaku senang dengan penyuluhan pertanian tersebut karena menambah pengetahuan baru. “Kami akan coba mempraktekkannya di rumah, karena semua bahan-bahan cukup mudah diperoleh,” ujarnya.

Masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani ini terlihat antusias di lokasi kegiatan dan menyimak materi yang disampaikan petugas.

Rilis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.