Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) di Pendopo Ronggosukoati.

Pamekasan, (Media Madura) – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam, membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Tahun 2018 di Pendopo Ronggosukoati, Rabu (24/10/2018).

Menurut Baddrut, BID ini untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa. Menumbuhkan inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

“Acara ini akan sangat luar biasa jika pilihan-pilihan dari kades dilaksanakan, dirumuskan dan dirancang dalam APBDes 2018,” terang Baddrut Tamam, Rabu (24/10/2018).

Tawaran-tawaran dari kades ini diharapkan menjadi program prioritas di masing-masing desa.

“Kami berharap, inovasi yang dipilih oleh desa tidak hanya satu, tapi dua, tiga sampai empat, yang semuanya itu diorientasikan untuk mendorong pembangunan infrastruktur dan ekonomi kreatif di masing-masing desa.” terangnya.

Mantan DPRD Jatim ini minilai pengembangan ekonomi kreatif ini penting, karena kalau anggaran hanya diorientasikan terhadap infrastruktur maka uangnya hanya ditanam dan habis.

Tapi jika diorientasikan untuk pengembangan ekonomi kreatif, uang tersebut berputar, sehingha bisa meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Pamekasan.

“Nantinya ini juga bisa memperbaiki IPM kita serta akan ada pertumbuhan ekonomi di masing-masing Desa. Kita juga berharap pemerintah nantinya juga bisa ikut memfasilitasi, menjadi komonikator serta menjadi perekat dalam setiap keinginan kades untuk bisa direalisasikan,” pungkasnya.

Reporter: Zubaidi
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.